Beranda

talk about social, politic, nature, and defense affairs

Pakar: Perencanaan kota harus libatkan masyarakat


== Berita Selasa, 09 Maret 2010 

ANANTA POLITAN BANGUN
WASPADA ONLINE

MEDAN – Masalah kawasan kumuh yang selalu menjadi perhatian pembangunan kota adalah benang merah dari enggannya pemerintah melibatkan masyarakat dalam perencanaan kota.

"Padahal, perencanaan kota yang berhasil akan terwujud bila melibatkan seluruh pemangku kepentingan (stake holder) termasuk diantaranya masyarakat," ungkap pakar perencanaan kota dari Universitas Harvard (Amerika Serikat), John Taylor, kepada Waspada Online, tadi sore.

Taylor merujuk pada data Bappenas bahwa pertumbuhan kawasan kumuh di Indonesia mencapai 2,9 persen setiap tahunnya (1999-2004), dimana kawasan kumuh tersebut meningkat dari 47 ribu ha hingga menjadi 54 ribu ha. 

"Tindakan Pemda terhadap pendatang baru di perkotaan masih lebih pada sifat reaktif dan belum antisipatif. Program antisipatif baru dijalankan begitu tersandung masalah, sehingga tidak aneh bila kawasan kumuh terus meluas," kata pakar yang ditunjuk Pemko Solo (Jawa Tengah) dan Pemko Sawalunto (Sumatera Barat) sebagai penasehat program perencanaan kota.

Peran masyarakat dalam perencanaan kota telah diakomodasi dalam UU No 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang. Dalam UU tersebut, Ditjen Penataan Ruang dengan jelas mendorong seluruh Pemda merevisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Tata Ruang Kota (RTRK) daerahnya dan segera memberlakukannya.

"Yang paling penting diketahui adalah perencanaan kota untuk penanganan kawasan kumuh harus bersifat inklusid, dan tidak lagi eksklusif yang menganggap isu tersebut menjadi perhatian pemerintah pusat saja," imbuhnya.

Dalam itu, Taylor menghimbau agar Pemko Medan menerapkan kebijakan tersebut.

Editor: SATRIADI TANJUNG
(wol-mdn)
Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: